Kenapa Jerawat Terasa Sakit Saat di Sentuh?

jerawatan

 

Semua orang rasanya pernah mengalami yang namanya jerawat walaupun hanya sekali dalam hidupnya. Jerawat memang merupakan salah satu masalah pada kulit yang banyak di keluhkan baik oleh pria atau wanita, baik remaja maupun dewasa. Jika kamu memiliki jenis kulit yang mudah berjerawat rawatlah dengan benar dan rutin menggunakan produk Pratista beauty care dengan rutin dan benar supaya tidak menyebabkan masalah.

Biasanya jerawat hanya akan mengalami rasa nyeri saat terjadi pembengkakan saja, itupun tidak berlangsung dalam waktu yang lama. Tapi jika kamu mengalami rasa sakit dan nyeri dalam waktu yang lama saat di sentuh, sebaiknya kamu harus berwaspada karena hal ini merupakan tanda mengarahnya jerawat batu dan iritasi yang akan semakin sulit untuk di sembuhkan. Beberapa penyebab jerawat terasa sakit saat di sentuh adalah :

 

  1. Pemakaian Kosmetik yang Berlebihan

Beberapa kosmetik memang mengandung bahan kimia yang keras, jika kamu tidak menggunakannya dengan bijak dan berlebihan maka akan menyebabkan jerawat semakin buruk. Menggunakan kosmetik berlebih bisa mengakibatkan peradangan yang parah pada kulit, karena menumpuknya sisa make up serta minyak yang berlebihan. Selain itu, menggunakan kosmetik dengan kasar pun akan menyebabkan kulit terluka dan menjadi tempat menumpuknya bakteri.

  1. Hormon

Produksi dan perubahan hormon yang berubah-ubah pun bisa menyebabkan peradangan jerawat semakin bertambah parah dan menyebabkan kulit jadi semakin sensitif. Hormon bisa meningkatkan produksi minyak sehingga akan membuat pori-pori kulit jadi tersumbat.

  1. Malas Membersihkan Wajah

Beberapa alasan mengapa jerawat muncul dan peradang adalah karena kurang menjaga kebersihan wajah sehingga menyebabkan munculnya jerawat. Kotoran, debu, radikal bebas, dan sisa make up akan sangat mudah menumpuk di pori-pori dan menjadi penyebab pembengkakan serta iritasi.

  1. Iritasi

Kulit yang berjerawat pun sangat mudah sekali mengalami iritasi. Hal ini tentu sangat memungkinkan jerawat untuk meradang sehingga akan terasa sakit jika di sentuh. Untuk kamu yang mengalami iritasi saat sedang berjerawat sebaiknya lakukan pembersihan dan juga perawatan yang rutin supaya peradangan cepat reda.

  1. Memiliki Pola Hidup yang Sehat

Sering keluar malam, meminum alkohol, memakan makanan cepat saji, merokok, merupakan ciri dari pola hidup yang tidak sehat yang akan membuat lemak dan kolesterol meningkat. Hal ini pula yang akan menyebabkan peradangan pada jerawat semakin bertambah parah, karena tidak adanya nutrisi untuk mendinginkan dan meredakannya.

Nah itulah beberapa penyebab dari jerawat yang terasa sakit saat di sentuh dan juga hal yang memperburuk kondisi jerawat pada wajah. Ada beberapa cara yang bisa di lakukan untuk mengatasi masalah jerawat, salah satunya dengan menggunakan paket perawatan jerawat dari Pratista. Segera konsultasikan masalah jerawatnya ya, supaya bisa mendapatkan produk yang sesuai untuk kulit.

Leave a comment